Senin, 03 Oktober 2016

Flipit Bantu E-commerce Tingkatkan Penjualan

Saat ekonomi masih lesu seperti sekarang, belanja pun mesti cerdas. Jika ada yang menawarkan harga lebih murah, untuk apa membeli yang mahal. Flipit.com, unit bisnis dari Imbull, perusahaan asal Belanda yang diakusisi Couponation (bagian dari Rocket Internet) pada tahun 2015, menawarkan banyak kupon dan voucher belanja.

Flipit yang beroperasi di 22 negara termasuk Indonesia ini punya strategi jitu untuk memenangi persaingan, yakni dengan menawarkan kode voucher eksklusif. Mayoritas masyarakat di Tanah Air masih memburu voucher diskon saat membeli barang kesukaan.

Untuk mengulas strategi Flipit di Indonesia, berikut ini wawancara dengan petinggi pengelola Flipit.com, yaitu  CEO Imbull, Jochem Vroom:

1. Apakah pasar Indonesia sangat menjanjikan?
Pengguna internet di Indonesia tidak hanya browsing di internet, tetapi juga belanja online. Menurut survei  tahun 2016, lebih dari 70% pengguna internet di Indonesia pernah berbelanja online. Rata–rata belanja per tahun sebesar Rp 5,5 juta per orang. Dari data ini terlihat Indonesia memiliki potensi yang besar untuk pelaku bisnis online.

Selain jumlah pengguna internet yang besar, e-Commerce berkembang pesat di Indonesia. Ini membuat kami yakin saat datang kemari. Salah satu misi kami adalah membantu perkembangan bisnis eCommerce dengan menawarkan medium beriklan yang berbeda dari biasanya.

Karakteristik belanja media di Indonesia masih fokus pada “impression” dan “brand awareness.” Flipit.com membantu e-Commerce untuk meningkatkan penjualan atau “conversion rate”. Pengiklan hanya membayar jasa apabila terjadi penjualan. Ini memberikan resiko investasi yang rendah baik untuk e-Commerce berskala besar maupun pemula.

2. Flipit.com sudah bermitra dengan siapa saja?
Flipit bermitra dengan lebih dari ratusan e-Commeres di Indonesia. Mulai dari Merchant besar seperti Lazada, Tokopedia sampai merchant berskala kecil dan menengah. Ada lebih dari ratusan gerai online yang menjual beragam produk pilihan.

Pengunjung dapat menemukan berbagai diskon untuk bermacam kategori produk di Flipit seperti kecantikan, fashion, travel, elektronik, perlengkapan rumah tangga, dan lain sebagainya. Selama setahun terakhir, kami melihat perubahan perilaku konsumen dari yang hanya belanja jasa berubah orientasi menjadi barang nonjasa.

Pada awalnya, konsumen belanja online untuk membeli tiket pesawat dan hotel namun saat ini konsumen juga membeli produk fashion, elektronik, bahkan bahan makanan secara online.

3. Bagaimana respon konsumen Indonesia?
Flipit.com sudah berada di pasar kupon online sejak tahun 2013. Namun, kami baru hadir di Indonesia pada Oktober 2014. Sejak itu, kami mencetak pertumbuhan luar biasa. Hanya setahun, jumlah pengunjung Flipit Indonesia mencapai 1.000.000 orang. Flipit Indonesia terus mengalami pertumbuhan 2 kali lipat setiap 3 bulan. Jelas sekali respon konsumen terhadap kupon online sangat positif.

Setiap bulan ribuan voucher diskon telah digunakan oleh pengunjung website kami. Penggunaan kupon online pun berkembang pesat. Semakin banyak masyarakat Indonesia yang mencari kupon di sistem pencari seperti Google. Dari data Google, makin banyak pengguna internet yang mencari kata “kupon” selama 5 tahun terakhir ini.

4. Inovasi untuk meningkatkan pengalaman berbelanja dengan voucher?
Kebanyakan masyarakart Indonesia mengakses internet dan belanja online menggunakan smartphone atau tablet. Di tahun 2016, diprediksikan Indonesia akan masuk 5 besar negara dengan pengguna tablet terbesar di dunia dengan angka mencapai 38 juta pengguna.

Untuk itu, kami akan melakukan invovasi yang berfokus pada peningkatan kenyamanan pengguna perangkat mobile dan tablet. Langkah pertama adalah memastikan website kami dapat diakses dengan mudah oleh pengguna mobile/tablet melalui peningkatan kualitas UX dan website yang lebih responsif bagi pengunjung yang mengakses lewat mobile/tablet.

Peningkatan user personalisation system sudah menjadi agenda kami tahun ini. Flipit memiliki sistem personalisasi berupa code alert system yang memungkinkan pengunjung website menerima kode voucher berdasarkan gerai online favorit mereka. Di masa depan, kami ingin mengembangakan fitur lain yang dapat memudahkan konsumen untuk mendapatkan voucher diskon sesuai dengan diskon yang mereka minati.

5. Apa keunikan yang ditawarkan, mengingat sudah ada web sejenis di Indonesia?
Saya percaya situs kupon terbaik adalah situs yang dapat memberikan voucher diskon terbaik bagi pengguna. Saya mengatakan Flipit Indonesia adalah situs kupon online di Indonesia yang memiliki konten terdepan dibanding situs lain yang serupa.

Flipit adalah satu-satunya situs kupon yang menawarkan kode paling eksklusif yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Kode voucher eksklusif ini hasil kerjasama yang baik dengan e-Commerce Indonesia. Kami selalu memiliki kode eksklusif baru dari banyak merchant setiap bulan. Tahun lalu, Flipit telah menerbitkan lebih dari 300 kode voucher eksklusif.

Kami sadar, menjalin kerjasama yang erat dengan klien berperan penting untuk keberhasilan perusahaan. Kami selalu berusaha untuk memberikan eksposur ekstra untuk voucher eksklusif. Kode voucher kami mudah digunakan dan telah diverifikasi lebih dulu sebelum dipublikasi. Tidak seperti situs kupon lainnya, pengguna Flipit dapat dengan mudah mengakses kode voucher tanpa proses registrasi.

Pengalaman pengguna kupon juga menjadi prioritas utama. Oleh karenanya, kami mengembangkan code alert system. Strategi kami berfokus pada customer centric. Sehingga, Flipit berusaha memberikan informasi yang sesuai dengan minat setiap konsumen. Dengan code alert system, pengguna dapat memutuskan sendiri kode voucher favorit terbaru yang ingin mereka dapatkan.

6. Apa target tahun ini?
Kami bisa memberi layanan kepada lebih banyak konsumen Indonesia agar mereka dapat berhemat saat belanja online dengan menggunakan voucher diskon. Kami fokus meningkatkan pengalaman pengguna saat berkunjung ke website dan menggunakan kode voucher eksklusif kami dengan mudah.

Kami juga ingin berkontribusi untuk meningkatkan kesuksesan e-Commerce Indonesia dan berkolaborasi dengan e-Commerce top seperti Go-Jek, Grab, dan Traveloka.

Sumber: http://goo.gl/HPJPpR

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar