Jumat, 14 Oktober 2016

Baru Lulus Kuliah? Ini 7 Peluang Bisnis Yang Bisa Dicoba

Saat ini lapangan pekerjaan semakin sedikit tetapi lulusan sarjana semakin meningkat. Meskipun sudah sarjana tetapi belum pasti mendapatkan pekerjaan yang posisi yang tinggi. Selain itu banyak ditemukan sarjana yang baru lulus mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai jurusannya saat kuliah. 

Kondisi ekonomi yang tidak menentu dan persaingan lapangan kerja yang ketat, memberikan kontribusi tersendiri dalam urusan mendapatkan pekerjaan yang mapan.

Daripada Anda sudah melamar ke sana-sini tapi tidak kunjung mendapatkan pekerjaan, ada baiknya Anda melakukan sesuatu yang bermanfaat. Tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, tapi juga orang lain. Tidak hanya memberikan sumber pemasukan untuk Anda, tapi juga bisa mensejahterakan orang lain. Untuk itu kenapa tidak memulai membuka usaha saja? Berikut adalah ide peluang bisnis dengan modal kecil yang bisa dilakukan oleh fresh graduate:

1. Jasa penulisan konten
Peluang bisnis berikutnya adalah dengan membuka jasa penulisan konten. Keberadaan sosial media saat ini membuat kehidupan kita selama 24 jam seolah tidak pernah berhenti. Individu-individu kreatif seperti penulis atau desain grafis dapat mengeksplor bakat mereka untuk menghasilkan konten yang berkualitas tinggi, baik untuk kepentingan bisnis maupun media. Tenaga freelance atau kontrak di bidang ini mengalami pertumbuhan yang signifikan. Jika hobi Anda menulis atau membuat desain grafis, Anda bisa mempertimbangkan untuk menjalankan usaha ini.

2. Bisnis clothing/fashion
Tren fashion yang selalu berkembang dan berubah cepat membuat orang-orang yang fashionable berlomba-lomba untuk selalu mengikuti tren fashion terkini. Bisnis fashion mempunyai pasar yang sangat luas, mulai dari anak-anak hingga dewasa pasti membutuhkan pakaian. Pakaian dalam hal ini tidak hanya sekedar baju yang menempel di badan, tapi juga mencerminkan style atau ciri khas kepribadian setiap orang.

Jika Anda suka membuat desain baju kemudian mewujudkannya menjadi sebuah pakaian jadi, kenapa tidak memulai bisnis clothing Anda sendiri? Pada awalnnya Anda bisa mengerjakannya sendiri. Namun untuk pengembangan usaha, sebaiknya anda juga mencari tenaga penjahit atau vendor yang sesuai dengan lini bisnis clothing Anda.

3. Konsultan sosial media
Di era digital saat ini segala sesuatunya berkaitan dengan duni online, tidak terkecuali untuk urusan bisnis. Media sosial menjadi salah satu pilihan bagi pelaku usaha untuk memasarkan produknya. Namun, tidak semua pengusaha memiliki waktu untuk mengurus sosmed marketing tersebut mengingat banyaknya pekerjaan lain yang harus dikerjakan. Inilah yang menjadi peluang anda sebagai seorang konsultan. Anda bisa membantu pengusaha UKM untuk menentukan strategi, mengatur jadwal, dan membuat konten yang sesuai dengan target pasar klien anda. Ketika follower klien Anda bertambah, maka begitu juga bisnis Anda.

4. Jasa EO
Aktif berorganisasi dan sering mengadakan acara kegiatan kampus bisa jadi bekal Anda dalam membuka bisnis EO. Anda sudah terbiasa bekerja dengan orang banyak, dikejar deadline, mencari sponsor, dan menangani berbagai hal teknis lainnya. Dengan memiliki kenalan supplier tenda, sound system, meja kursi, dan perlengkapan acara lainnya, Anda bisa memulai usaha jasa EO ini.

5. Kerajinan tangan
Apakah Anda suka merajut, membuat pernak-pernik atau kerajinan tangan? Jika Anda suka, maka menjalankan bisnis kerajinan tangan bisa menjadi pilihan terbaik. Anda bisa memulainya dengan membuka toko online dan menjual hasil kreasi Anda. Membeli bahan dalam jumlah besar akan lebih murah, sehingga modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Terlebih lagi bila anda bisa segera mengolahnya untuk memenuhi pesanan.

6. Instruktur Senam
Apakah Anda suka berolahraga atau nge-gym? Hobi tersebut bisa menjadi hobi yang menghasilkan. Dengan kemampuan yang dimiliki Anda bisa menjadi instruktur senam atau personal trainer. Untuk membuat, anda sebai konsumen percaya, Anda bisa mengikuti uji kompetensi dan mendapatkan sertifikat yang menyatakan bahwa Anda layak untuk menjadi instruktur. Dengan memiliki sertifikat, Anda bisa membuka kursus sendiri atau mengajar privat.

7. Servis elektronik
Pengguna smartphone yang semakin banyak membuka sebuah peluang bisnis untuk jasa perbaikan gadget. Penggunaan gadget yang terus menerus akan mengakibatkan komponen yang ada di dalamnya mengalami kerusakan. Jika anda hobi mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, elektronik, dan semacamnya, Anda bisa memanfaatkan skill Anda. Mulailah dengan menawarkannya pada teman-teman di kampus Anda.

Jadi Anda pilih yang mana?

Sumber: http://goo.gl/uAitIr

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar