Senin, 17 Oktober 2016

Antisipasi Banjir di Jakarta, Warga Bogor Bersih-bersih Sungai Ciliwung

Komunitas Peduli Ciliwung bersama puluhan warga Kota Bogor membersihkan sampah di aliran Sungai Ciliwung, tepatnya di Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, kegiatan itu sebagai wujud peduli warga Kota Bogor, khususnya di sekitar Bendung Katulampa, terhadap aliran Sungai Ciliwung agar terbebas dari sampah.

"Kami mengajak masyarakat yang tinggal di sekitar Bendung Katulampa untuk mencintai sungai dan menjaganya agar tidak tercemar sampah di aliran Sungai Ciliwung," ucap Andi.

Kegiatan itu juga ditujukan untuk mengantisipasi terjadinya luapan air dari kawasan hulu saat hujan deras melanda Bogor dan sekitarnya.

Dalam beberapa minggu terakhir, kawasan Bogor kerap diguyur hujan dengan durasi yang cukup lama dan debit air di Bendung Katulampa meningkat sehingga rawan menimbulkan banjir.

"Saat air meluap, sampah-sampah yang dari hulu terbawa hingga bendungan. Itu menyebabkan aliran air terhambat. Juga bisa mengganggu fungsi alat di bendungan, makanya kita bersihkan," kata Andi.

Camat Bogor Timur Adi Novan mendukung adanya kegiatan tersebut. Ia berharap kepada warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung agar peduli dan tidak membuang sampah sembarangan.

"Kita harapkan bisa membangun kesadaran masyarakat agar peduli sungai karena sumber kehidupan juga menjaga ekosistemnya. Apalagi ini gerbang air ke Jakarta, juga bisa mengantisipasi banjir di sana," kata dia.

Sumber: http://goo.gl/eYylv0

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar