Kamis, 29 September 2016

Produk UKM Lokal Ramaikan Objek Wisata di Bogor

Puluhan produk usaha kecil menengah (UKM) Bumi Tegar Beriman sudah mulai dijual di tempat-tempat wisata, pusat oleh-oleh, hingga hotel bintang empat.

Hal ini, setelah BUMD PT. Sayaga Wisata melalui unit bisnisnya Oleh-oleh Khas Bogor (OKB) ikut memasarkan produk-produk UKM mulai dari makanan, minuman, handy craft, taplak meja dan Batik Bogor.

"Ada lebih dari 50 produk UKM yang kita pasarkan di objek wisata, pusat oleh-oleh dan hotel yang tersebar di Kota ataupun Kabupaten Bogor," ujar PIC OKB PT. Sayaga Wisata Bambang Sumantri.

Ia menambahkan objek wisata yang ikut menjual produk UKM OKB, ada di Water Boom Cileungsi, Jungleland Sentul, Camp Hulu Cai, Taman Wisata Matahari dan Taman Safari di Indonesia.

"Untuk hotel yang ikut menjual produk UKM OKB ada Hotel Neo, Pajajaran Suites, Aston BNR, Amorosa dan lainnya. Di objek wisata dan hotel, selain dijual satuan, produk-produk UKM OKB ini juga dijual perpaket atau Goody Bag dengan harga Rp50-100 ribu," tambahnya.

Produk-produk ini merupakan kumpulan produksi 40 pengusaha dan satu kelompok UKM yang disatukan dalam satu label bernama OKB.

"Merk produk UKM tetap ada, hanya dalam kemasan produk juga ditempelkan logo OKB agar mudah dalam menjual atau menitipkan produk UKM ke outlet-outlet jaringan PT. Sayaga Wisata," papar ayah satu anak ini 

Sumantri melanjutkan produk UKM OKB ini dijual dengan harga mulai Rp5.000 hingga Rp 25.000. Hingga setelah sebulan di soft launching masyarakat terbilang antusias, baik untuk membeli ataupun mendaftarkan produknya.

"Produk-produk UKM OKB ini sudah memenuhi standar dan layak konsumsi itu dilihat dari adanya label halal, PIRT dan BPOM," lanjutnya.

Terpisah, Direktur Operasional PT. Sayaga Wisata Ivan Fadilah mengatakan pemberdayaan masyarakat ini sesuai arahan Bupati Bogor Nurhayanti. "Lewat OKB, PT. Sayaga Wisata tak hanya memberdayakan produk-produk pengusaha UKM tetapi juga memberikan pelatihan managemen usaha, membuat packaging yang bagus hingga pemasaran. OKB ini kami harapkan menjadi bagian dari wisata kuliner dan belanja khas Bogor," kata Ivan.

Mantan Abang Jakarta tahun 1992 dan Pemain film Assalamualaikum Beijing ini melanjutkan dalam menjalankan OKB ini, PT. Sayaga Wisata menggandeng Fakultas Teknologi Industri Pangan IPB.

"Dengan menggandeng FakultasTeknologi Indistri Pangan IPB, produk yang dibuat pengusaha UKM Bogor kami jamin kelayakan, baik rasa maupun dari segi kesehatan," pungkas Ivan.

Sumber: http://goo.gl/1JeLTw

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar