Selasa, 13 September 2016

Polresta Bogor Siap Kawal Kirab Api PON

Polres Bogor Kota menyatakan siap mengawal kirab api Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX Jawa Barat yang dijadwalkan singgah ke Kota Bogor.

Kepala Satuan Lalu lintas Polres Bogor Kota, AKP Irwandi, Minggu, mengatakan, obor api PON diperkirakan masuk ke Kota Bogor Selasa sore. Api abadi PON dibawa dari Kabupaten Bogor melintasi Jl KS Tubun, Kecamatan Bogor Utara.

"Kami mengerahkan 100 personel yang akan mengawal pelaksanaan kirab Api PON," kata Irwandi.

Ia menjelaskan, api abadi PON akan diberangkatkan dari Kabupaten Bogor melintasi perbatasan Kota Bogor di wilayah Keradenan. Api diserahterimakan di Museum Peta Jl Sudirman, dari atlet Kabupaten Bogor kepada Wali Kota Bima Arya Sugiarto.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto akan membawa api abadi PON dari Museum Peta menuju Balai Kota. Lalu api akan diinapkan semalam, sebelum diberangkatkan kembali menuju Kabupaten Sukabumi yang akan melalui jalur Ciawi.

"Dari Museum PETA, api akan dibawa oleh wali kota mengelilingi Kebun Raya Bogor melintasi sistem satu arah, menuju Balai Kota," katanya.

Dari Balai Kota, Api PON akan dibawa oleh Wali Kota dengan cara berlari menuju Tugu Kujang, selanjutnya diserahterimakan untuk dibawa ke Sukabumi melewati jalur Ciawi.

"Api akan diberangkatkan lagi menuju Sukabumi dengan lokasi serah terima di Tugu Kujang," kata Irwandi.

Menurut Irwandi, tidak ada persiapan rekayasa lalu lintas, maupun pengalihan arus selama kirab Api PON melintas di wilayah Kota Bogor. Karena api hanya akan melintasi jalan kota selama beberapa saat. Diperkirakan keramaian hanya terjadi di Balai Kota tempat api diinapkan.

"Kita lakukan pengaturan arus secara situasional, kita melihat situasi di lapangan, karena kemungkinan tidak terlalu ramai, Kota Bogor bukan tuan rumah penyelenggaraan, jadi tidak ada penyambutan khusus," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyatakan kesiapannya untuk menyambut kedatangan api abadi PON dan mendukung serta memberi semangat untuk Jabar menggelar PON XIX, meskipun Kota Bogor tidak mendapatkan kesempatan menjadi arena untuk kegiatan nasional itu.

"Nanti lari dari Balai Kota ke Tugu Kujang, setelah sebelumnya api disemayamkan di Balai Kota," katanya.

Pelepasan Api PON XIX Jawa Barat dimulai dari Kabupaten Indramayu, 5 September lalu. Kirap Api PON yang mencapai 1005,6 KM bisa masuk rekor Muri sebagaimana yang diharapkan oleh Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Kirab Api PON akan menyinggahi semua kabupaten/kota yang berada di Jawa Barat dan berjarak 1005,6 KM dari titik pemberangkatan sampai tujuan.

Sumber: http://goo.gl/Q4c5wB

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar