Kamis, 08 September 2016

Pemkot Bogor Gelar Bursa Hewan Kurban

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Peternakan, Kementerian Pertanian RI menggelar Bursa Hewan Qurban (BHQ) ke-17 tahun 2016, di Lapangan Balitbang, Jalan Padjajaran, Kota Bogor. Dengan diselenggarakannya BHQ, diharapkan masyarakat memperoleh hewan qurban yang layak baik dari sisi kesehatan maupun syariat agama.

Wakil Walikota Bogor, Usmar Hariman, saat membuka ajang tersebut mengatakan bahwa sedikitnya ada 4 kriteria hewan kurban yang layak dibeli dan dikurbankan oleh masyarakat. Di antaranya syarat tersebut yakni hewan yang aman, sehat, utuh (tidak cacat), dan memenuhi syarat syariat Islam yaitu sudah cukup umur.

“Untuk umur kambing atau domba yang sudah layak dijadikan sebagai kurban itu harus sehat, tidak cacat, sudah berumur 1 tahun dan untuk sapi 2 tahun. Kita juga bisa mengetahui atau melihat tanda pada gigi hewan yang akan kita kurbankan itu sudah pupak (copot) apa belum,” kata Usmar.

Melalui bursa hewan kurban ini diharapkan selain dapat membantu masyarakat dan  para peternak dari kemungkinan terjadinya penyakit hewan, juga dapat menjaga kestabilan harga ternak, dan memberikan wawasan keilmuan. “Yang pasti bagi masyarakat Bogor, tentunya melalui bursa hewan ini juga akan memudahkan mereka untuk mendapatkan hewan kurban yang layak sesuai dengan empat kriteria itu,”  terangnya.

Menurut Usmar, menjelang Idul Adha yang dipastikan akan jatuh pada 12 September nanti, seperti tahun-tahun sebelumnya akan banyak ditemui pedagang hewan kurban musiman yang biasanya akan berjualan di pinggir jalan. Tentunya hewan kurban yang mereka jual itu belum diperiksa aspek kesehatan maupun umur sah hewannya. “Kami di Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sangat mendukung kegiatan BHQ ini. Terlebih kegiatan ini juga bukan semata-mata untuk perdagangan hewan kurban saja, namun juga memiliki tujuan untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dalam memilih hewan ternak terbaik untuk dikurbankan,” jelasnya.

Sumber: http://goo.gl/1guvUE

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar