Jumat, 16 September 2016

Desa, UKM Hingga Pesantren di Yogya Didorong Pakai .id

Penggunaan domain .id masih sedikit di Yogyakarta, baru sekitar 5.000. Pemerintah pun mencoba berbagai cara untuk mendongkraknya.

Salah satunya lewat program Satu Juta Domain sebagai identitas Indonesia. Dimana hingga bulan Februari 2016, pengguna domain .id di seluruh Indonesia baru 166.000 pengguna.

"Untuk DIY baru sekitar 5 ribu pengguna domain tersebut. Kami menargetkan sekitar 60 ribu hingga 80 ribu pengguna domain ID," ungkap Koordinator Wilayah DIY Program Satu Juta Domain Eka Indarto kepada wartawan di Kantor Humas Dinas Komunikasi dan Informatika, Pemda DIY.

Menurutnya, dari jumlah 5.000 pengguna domain ID di wilayah DIY itu, sebanyak 350 di antaranya sekolah-sekolah. Kesempatan untuk menggunakan domain tersebut masih terbuka luas bagi masyarakat maupun komunitas.

"Kami membuka siapapun termasuk (usaha) tambal ban jika ingin membuat website menggunakan domain ID. Kami layani. Silakan buka website kami di 1juta.id untuk mendaftar," paparnya.

Eka melanjutkan, masyarakat yang disasar untuk bisa memanfaatkan program ini antara lain pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) maupun usaha kecil dan menengah (UKM), sekolah desa, pesantren hingga komunitas. 

Untuk komunitas akan diberikan .id, UMKM co.id, sekolah memakai sch.id, pesantren menggunakan ponpes.id. Sedangkan komunitas menggunakan domain or.id dan web.id. 

"Tahun ini kami berharap semua desa di DIY bisa menggunakan domain .id," katanya.

Salah satu faktor penyebab rendahnya pengguna domain .id karena lebih memilih domain yang gratis. Oleh karena itu, melalui program sejuta domain tersebut para pendaftar atau pengguna akan diberikan gratis selama setahun. 

"Akan kami dampingi dalam proses pembuatannya," kata Eka.

Dia menambahkan khusus untuk DIY, pengguna internet tergolong besar sehingga bisa disasar untuk meningkatkan jumlah pengguna domain .id. Provinsi DIY termasuk pengguna terbesar nomor kedua nasional setelah Jakarta dengan potensi pengguna domain sebanyak 125.000.

Untuk meningkatkan dan memacu penggunaan domain tersebut pemerintah DIY melalui Dinas Komunikasi dan Informatika DIY menggelar Festival TIK pada hari Jumat (16/9/2016) hingga Sabtu (17/9/2016) di Grhatama Pustaka, Jalan Janti, Banguntapan, Bantul.

Sumber: http://goo.gl/WGo8E1

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar