Jumat, 19 Agustus 2016

Wisata Olahraga Bogor Dikembangkan

Pemerintah Kabupaten Bogor mempromosikan potensi wisata olahraga alam yang dimiliki oleh wilayah tersebut. Wisata olahraga alam itu akan menjadi sektor unggulan dalam mendorong destinasi wisata.

"Kabupaten Bogor memiliki wisata olahraga yang cukup lengkap, mulai dari paralayang di Puncak, outbound dan offroad di Gunung Mas, Sirkuit Sentul, dan golf juga ada di Sentul," ujar Kepala Badan Promosi Pariwisata (BPP) Kabupaten Bogor Zainal Safruddin.

Zainal mengatakan, selain wisata olahraga, Kabupaten Bogor juga diberkati dengan pemandangan alam yang menarik hingga menjadi daya tarik wisata alam yang mampu mendatangkan wisatawan untuk berlibur setiap akhir pekan ataupun musim liburan. "Setidaknya ada tiga lokasi wisata alam yang potensial dimiliki Kabupaten Bogor untuk dikembangkan," katanya.

Zainal menambahkan, tiga lokasi tersebut, yakni agrowisata Gunung Mas Puncak, Telaga Warna, dan Jungleland Sentul. Ketiga lokasi tersebut menyuguhkan pemandangan alam yang indah, hiburan, dan olahraga bagi wisatawan. "Wisatawan juga mendapatkan edukasi yang bermanfaat di ketiga lokasi wisata ini, seperti pengetahuan mengenai teh, mulai dari sejarah, manfaat teh, cara pemetikan, dan cara memproduksinya," jelasnya.

Menurut Zainal, BPP memiliki tugas untuk mempromosikan pariwisata yang ada di wilayah Kabupaten Bogor yang memiliki potensi sangat besar. "Sehingga, perlu optimalisasi dalam mempromosikannya," katanya.

Belum lama ini, lanjut Zainal, pihaknya mengundang sejumlah media cetak, elektronik, dan online, baik lokal, regional, maupun nasional untuk mempromosikan potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Bogor. "Kami menggandeng sejumlah media untuk lebih mengenal potensi pariwisata alam yang ada di Kabupaten Bogor, terutama wisata olahraga yang sedang dikembangkan," katanya.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Indonesia (ASITA) Bogor Sunarya mengatakan, potensi wisata alam dan olahraga yang dimiliki Kabupaten Bogor menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk datang. Menurut dia, promosi dan sosialisasi perlu terus dilakukan untuk mendorong sektor pariwisata Kabupaten Bogor agar bisa berkembang dan maju dengan pesat. Sehingga, dapat meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Menurut Sunarya, jika Kabupaten Bogor mampu meningkatkan kunjungan wisatawan lokal, regional, dan mancanegara, maka akan mendorong peningkatan PAD. "Ini tentu berdampak signifikan pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Kerja sama dengan Malaysia
Pemerintah Kabupaten Bogor melalui Badan Promosi Pariwisata (BPP) juga mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisatawan asal negara Malaysia dengan menjalin kerja sama melalui penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan pada Selasa (16/8). "Kerja sama dengan Pemerintah Pahang Malaysia merupakan yang pertama. Tujuannya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan asal Malaysia ke Kabupaten Bogor," kata Kepala BPP Zainal Safruddin.

Penandatanganan kerja sama dengan Pemerintah Pahang Malaysia, sambung Zainal, ditandai dengan pertandingan persahabatan golf Malaysia-Indonesia atau Malindo telah diselenggarakan untuk kedua kalinya. "Pertandingan golf persahabatan ini sebelumnya pernah dilakukan. Dampaknya cukup signifikan terhadap kunjungan wisata olahraga di Kabupaten Bogor," ujarnya.

Menurut Zainal, meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Kabupaten Bogor dengan adanya pertandingan persahabatan tersebut terlihat signifikan dari 500 orang per bulan kini menjadi 1.000 orang per bulan. "Pertandingan persahabatan ini sengaja kami gelar kembali dengan berbagai hadiah menarik," katanya.

Zainal menjelaskan, selain dengan Malaysia, kerja sama untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara juga telah dilakukan BPP dengan Pemerintahan Kota Kuala Lumpur dan Jepang. Kerja sama antara BPP dan Pemerintah Pahang Malaysia, lanjutnya, lebih pada promosi berbagai paket wisata olahraga yang ada di Kabupaten Bogor, seperti golf, paralayang, arung jeram, motocross, fun bike, dan lintas alam. "Pemerintah Pahang gencar mempromosikan wisata Kabupaten Bogor di Malaysia, begitu pun sebaliknya," kata dia.

Sumber: http://goo.gl/gbOZRJ

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar