Jumat, 26 Agustus 2016

Rasakan Sensasi Mendaki Puncak Gunung Kencana di Bogor

Apa yang ada dibenak Anda jika mendengar kawasan Puncak? Pasti terlintas dibenak Anda Puncak identik dengan destinasi wisatanya yang terkenal seperti Taman Safari Cisarua dan Taman Wisata Matahari.

Namun, sebenarnya ada satu lokasi wisata alam yang belum diketahui banyak oleh para wisatawan yang sedang berkunjung di kawasan tersebut yaitu wisata alam Gunung Kencana.

Lokasi wisata Gunung Kencana ini sendiri berada di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan hanya memiliki ketinggian sekitar 1.803 mdpl.

Jika menggunakan kendaraan, Anda dapat masuk melalui wisata Telaga Warga di kawasan Puncak menuju Kampung Lahan Cadangan yang merupakan titik terakhir sebelum memasuki jalur pendakian Gunung Kencana. 

Petugas Jaga Wisata Gunung Kencana, Jajang mengatakan untuk mencapai area Puncak Kencana Anda diharuskan menempuh perjalanan dengan berjalan kaki selama 45 menit dari pos pendaftaran.

"Nanti dari pos pendaftaran perorang bayar masuknya Rp10 ribu. Dari pos pertama sampai puncak lumayan jauh sekitar satu jam lebih lewatin perkebunan teh sama hutan," katanya. 

Saat pertama memasuki jalur pendakian, wisatawan akan disambut lintasan menanjak cukup ekstrem bernama 'Tanjakan Sambalado'. Disini, stamina Anda akan diuji untuk menaiki anak tangga yang berjumlah ratusan tersebut. 

"Di sini biasanya digunakan untuk pendidikan dasar pecinta alam para Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam). Atau kadang-kadang untuk latihan para anggota TNI Angkatan Darat. Jalurnya cukup menguras tenaga," jelasnya. 

Rasa lelah Anda selama perjalan yang cukup menantang akhirnya terbayarkan saat tiba di Puncak Kencana disambut pemandangan hamparan kebun teh dan dua gunung yang terkenal yakni Gunung Gede-Pangrango dan Gunung Salak. 

"Kalau langitnya lagi bagus, tidak mendung atau tertutup kabut, puncak Gunung Gede dan Gunung Pangrango bisa dilihat dengan jelas di atas Puncak Kencana. Bisanya waktu yang bagus pagi atau sore," ungkap Jajang. 

Selain menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian, jika belum puas Anda juga dapat berkemah di Puncak Kencana hanya dengan menambah biaya sebesar Rp10 ribu untuk permalamnya.

"Kebanyakan pendaki yang kesini, setelah sampai puncak Kencana, turun, terus pulang lagi. Jarang ada yang berhari-hari nginep di atas tapi kalau mau bisa saja," tambahnya. 

Bagi Anda pecinta alam atau ingin sekedar mencicipi mendaki gunung dengan waktu relatif singkat, tidak ada salahnya datang ke lokasi wisata alam Gunung Kencana bersama keluarga ataupun kerabat terdekat.

Sumber: http://goo.gl/SdNmlh

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar