Senin, 22 Agustus 2016

Ide Liburan Weekend: Trekking ke Kawah Ratu di Bogor

Weekend akan segera tiba, mungkin ada traveler yang ingin liburan ke alam. Trekking ke Kawah Ratu di Bogor bisa jadi pilihan.

Kawah Ratu adalah salah satu kawah yang masih aktif dan masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Letak Kawah Ratu tepat berada di ketinggian 1437 mdpl. 

Ada beberapa jalur yang bisa dilalui untuk menuju tempat ini, dan salah satunya adalah lewat Pasir Reungit tepat setelah Curug Ngumpet. Jalur ini juga merupakan jalur pendakian ke Puncak Salak 1. 

Jalur ini terbilang cukup menantang kami para traveler, akan tetapi juga dibutuhkan stamina extra. Waktu yang dibutuhkan untuk menuju Kawah Ratu sekitar 3 jam perjalanan dengan trek yang lumayan licin jadi disarankan menggunakan sandal treking. 

Karena lewat jalur Pasir Reungit banyak dijumpai aliran sungai sehingga cukup mengganggu jika menggunakan sepatu. Sebaiknya perjalanan ke Kawah Ratu dilakukan sepagi mungkin karena jika sore hari asap belerang yang keluar dari kawah sangat pekat dan bisa mengganggu pernapasan. 

Plus tidak disarankan untuk menginap di tempat ini karena kepekatan asap belerangnya. Dan jika memang hanya dilakukan selama satu hari alias ODT (One Day Trip) sebaiknya sudah tiba di pos penjagaan sebelum malam menjelang demi menghindari hal hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. 

Memang selain Gunung Salak yang terkenal mistis, banyak jalur percabangan juga bisa membuat siapa pun tersesat apalagi jika dilakukan pada malam hari. Itulah mengapa tidak disarankan untuk melakukan perjalanan pada malam hari. 

Bahkan jika memungkinkan sebaiknya menggunakan jasa guide lokal yang tahu betul seluk beluk jalur pendakian ini. Tetapi apapun itu cobalah sesekali mengunjungi Kawah Ratu yang berada di Bogor ini. 

Keindahan alam Bogor plus Kawah Ratu yang eksotik menjadi daya tarik tersendiri bagi para traveler yang berkunjung ke sini

Sumber: http://goo.gl/Z5PCfK

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar