Selasa, 02 Agustus 2016

Haduh… Harga Daging Sapi di Bogor Sulit Turun!

Terus merosotnya populasi sapi dalam negeri jadi penyebab tingginya harga daging sapi saat ini. Sejumlah kebijakan yang diterbitkan pemerintah belum mampu mestabilkan harga daging sapi di kisaran Rp80 ribu per kilogram.

Pengamat Peternakan IPB Yeka Hendra Fatika menilai menyebab tingginya harga daging sapi karena sisi suplay yang menipis, sementara permintaan terus meningkat.

Berbicara dalam diskusi siapa bertanggung jawab atas melambungnya harga daging, Yeka menilai permasalahan tingginya harga daging ada di hulu.

“Karena itu, lakukan segera perbaikan pembibitan nasional,” saran  Yeka.

Menurutnya,  dikeluarkannya paket kebijakan ekonomi terkait dengan PP No.4/2016 tentang pemasukan hewan dan produk ternak melalui zona based, kemudian pencabutan kuota impor, hanya membuat pelaku usaha sapi dalam negeri was-was.

“Seharusnya regulasi pemerintah bisa menentramkan, bukan sebaliknya,” kritiknya.

Yeka menyatakan, persoalan tingginya harga daging sapi nasional  harus dicermati secara bijak oleh pemerintah khususnya Kementerian Pertanian. Ia mengingatkan membuka kran impor secara besar -besaran, tidak menjamin masalah selesai.

Bahkan peternakan lokal yang tadinya mulai dilirik karena mulai menghasilkan, akan kembali ditinggalkan dan swasembada daging akan semakin jauh.

Sumber: http://goo.gl/kYYF6V

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar