Sabtu, 06 Agustus 2016

Daerah Pasir Jaya Bogor Masih Rawan Bencana

Beberapa daerah di Kota Bogor masih sering mengalami bencana alam. Salah satunya Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat yang masih mengalami beberapa bencana alam saat kondisi cuaca buruk. 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor membenarkan lokasi tersebut memang masih rawan bencana alam.

"Wilayah Pasir Jaya memang rawan bencana seperti longsor, angin puting beliung, banjir. Bahkan beberapa kali terjadi kebakaran," kata Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Bogor Mc Yaffies.

Yaffies menyatakan ada satu daerah lain di Kota Bogor yang juga masih sering mengalami bencana alam. Menurutnya, Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah juga statusnya masih daerah yang sering mengalami bencana alam di Kota Bogor. 

"Memang dua wilayah ini (Pasir Jaya dan Panaragan) memang secara hirarkis daerahnya rawan bencana," tutur Yaffies.

Kondisinya yang rawan bencana, lanjut dia, membuat BPBD terus melakukan soaialisasi agar warganya tanggap bencana. 

Yaffies menyatakan, kondisi dua area tersebut yang rawan bencana juga terpilih sebagai kelurahan tanggung bencana "Warga di dua kelurahan itu mengikuti program tanggung bencana agar masyarakatnya bisa tangguh menghadapi bencana, terarah, terencana, dan terkoordinasi," jelas Yaffies. 

Sebelumnya, Kota Bogor terpilih menjadi salah satu dari tiga wilayah di Jawa Barat yang mengikuti program Kelurahan Tangguh Bencana tahun 2016. Selain Kota Bogor, terpilih juga Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Cianjur yang mengikuti program dari Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sumber: http://goo.gl/duq6GH

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar