Sabtu, 02 April 2016

Seekor Kerbau Kerdil Lahir di Bogor

Seekor anoa (Bubalus depressicornis) lahir di Bogor, Jawa Barat. Lahirnya hewan langka itu merupakan buah perkawinan anoa bernama Tuti dan Nikel.

"Anoa berkelamin jantan itu lahir dari betina bernama Tuti, hasil perkawinan dengan pejantannya, Nikel yang berusia lima tahun," ujar Direktur Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Jansen Manansang.

Bayi anoa itu sebenarnya telah lahir pada Kamis lalu. Namun baru diizinkan untuk dipertontonkan ke masyarakat umum hari ini.

Proses kelahirannya antara pukul 12.50 WIB hingga 14.00 WIB, dengan masa kebuntingan sembilan bulan lebih dua pekan.

Menurut Jansen, anoa adalah satwa asli Indonesia endemik Sulawesi. Satwa ini sekilas tubuhnya mirip kerbau dengan warna tubuh kecoklatan, namun lebih kecil dibandingkan kerbau aslinya. "Karena itu, anoa dijuluki sebagai kerbau kerdil," ucap Jansen.

Ia menambahkan bayi kerbau kerdil yang belum diberi nama ini, lahir dengan bobot 5 Kg dan tingginya kurang lebih 30 Cm. Bayi anoa ini gemar sekali mendinginkan tubuh mereka di lumpur atau pun di air.

Saat ini bayi satwa langka tersebut masih dalam pengawasan tim medis kedokteran hewan TSI di bawah pengawasan drh Yohana dan juga seorang perawat satwa (keeper), Bahrun.

Sumber: http://goo.gl/rvNDdE

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar