Rabu, 20 April 2016

Ini Dia Oleh-oleh Bogor Unik di Kandang Rusa

Buah tangan alias oleh-oleh yang biasa dibawa dari Bogor hampir selalu berupa kue dan roti. Namun ternyata oleh-oleh berupa kaos khas Bogor tidak kalah menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

Salah satu merek yang kini banyak dikenal adalah kaos Unchal.

Dalam bahasa Sunda, uncal (tanpa huruf h) bermakna rusa.

Rusa adalah binatang yang menjadi salah satu ikon kawasan Bogor, karena hewan yang dilindungi itu banyak terdapat di Istana.

“Nama Unchal kami pilih biar kekinian, jadi tidak terlalu persis dengan kata uncal. Uncal dalam bahasa Sunda artinya rusa, meski posturnya lucu dan imut, tapi dia punya kemampuan lari yang cepat. Kami pilih nama Unchal juga dengan harapan agar kaos yang kami produksi bisa jadi salah satu ikon Kota Bogor,” tutur Luthfi Hadi, CEO Unchal Kaos Bogor.

Semua desain kaos Unchal itu temanya soal Bogor.

Berbeda dengan desain kaos bertema Bogor lainnya yang biasanya sederhana, kaos Unchal menggarap sisi lain dari Kota Bogor lewat cara yang lebih kreatif.

Misalnya Bogor yang terkenal dengan curah hujannya yang tinggi dan jumlah angkotnya yang bejibun.

“Dari dua tema itu saja bisa dikembangkan desain dengan berbagai macam gambar dan tulisan yang menurut kami menarik. Jadilah misalnya slogan Bogor Never Dry. Lalu saat film Transformer sedang hits, kami desain gambar angkot yang berubah jadi robot,” terang Lutfhi.

Desain yang mirip-mirip logo ternama juga diplesetkan oleh Unchal, seperti logo WB mirip Warner Bros namun bertuliskan Warga Bogor, lalu logo mainan mirip LEGO yang diubah menjadi GELO, logo mirip adidas yang bertuliskan Ciomas, logo mirip televisi CNN dengan tambahan tulisan Cinangneng, logo mirip National Georgraphic namun bertuliskan National Bogorgraphic, dan lainnya.

Saat ini, dalam satu bulan mereka mampu memproduksi 3000-3500 pieces kaos per bulan, dengan tingkat penjualan lebih dari 2000 pieces kaos per bulan.

Desain kaos yang diproduksi pun sudah lebih dari seratus. Tiap bulan mereka mengeluarkan minimal lima desain baru. Desain lama yang masih diminati orang juga tetap diproduksi.

Tak hanya kaosnya yang menarik, kemasannya pun dibuat bagus dan cocok untuk hadiah. Dengan kemasan berupa karton kotak kecil, kaos Unchal memiliki nilai lebih, karena membuat orang penasaran.

Jika kemasan karton itu habis, beberapa pelanggan bahkan rela menunda membeli kaos, menunggu kemasan karton itu tersedia. Atau ada juga yang tetap membeli, dan kembali lagi untuk meminta kemasan karton itu setelah persediaan cukup.

Saat ini kaos Unchal memiliki enam outlet. Setiap outlet dikenal dengan sebutan Kandang Unchal.

Pusat Kandang Unchal terletak di Jalan Ciremai Nomor 1 Taman Kencana, Kelurahan Babakan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Seperti halnya kandang, interior outlet ini dominan dengan unsur kayu.

Lima Kandang Unchal lainnya tersebar di beberapa mal seperti di Botany Square Lantai 1, Lippo Ekalokasari Lantai UG, Jogja Bogor Junction lantai basement, Jogja Dramaga Lantai basement, dan Cibinong City Mall lantai satu.

Kandang Unchal di Jalan Ceremai buka antara pukul 09.00—18.00, dan di lima tempat lainnya menyesuaikan jam operasional mal, yaitu antara pukul 09.00—21.00.

Harga kaos Unchal itu berkisar antara Rp70.000 hingga Rp100.000 untuk semua ukuran mulai ukuran XS hingga XXL.

Sumber: http://goo.gl/FzZGkO

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar