Selasa, 19 April 2016

Bantu UKM Bersaing di Bisnis Online

PT Kioson Komersial Indonesia (Kioson) memperkuat jaringan mitra bisnis di Pekanbaru. Perusahaan yang bergerak di bidang bisnis online ini menyasar para pelaku usaha kecil menengah di Pekanbaru dalam upaya mengembangkan usaha bidang ritail.

"Kiosan memfasilitasi masyarakat dari produsen, pedagang hingga konsumen untuk lebih aktif dalam aktivitas belanja online atau berjaringan," Muhammad Adi Surya, Head Regional Sales Sumatera PT Kioson Komersial Indonesia di Pekanbaru.

Lebih lanjut dia mengatakan, sejak berdiri September 2015 saat ini sudah tercatat 3.500 mitra yang tersebar di Sumatera dan Jawa. "Melihat potensi Kota Pekanbaru di atas rata-rata kota di Indonesia, tentunya memiliki pasar yang besar. Terutama dalam hal belanja online," ujar Adi Surya.

Kioson juga memberi kesempatan kepada para pengusaha untuk menjadi dialer. Selanjutnya mereka akan mengajak para pelaku UKM bergabung.

Syarat menjadi mitra cukup gampang. Hanya membayar Rp.450 ribu selanjutnya akan mendapatkan tablet berisi aplikasi Kioson. Holder tablet sehingga gampang memperlihatkan kepada dagangan. Serta buku panduan dan saldo Rp.150 ribu.

Produk-produk yang ditawarkan Kioson terdiri dua kategori. Yakni E-Commerce (produk atau barang). Misalnya fashion, peralatan kantor, alat kesehatan dan kecantikan, elektronik dan gadget. Lalu kategori Non-E-Commerce (digital). Misalnya pulsa, token listrik, membayar tagihan telepon, tagihan air dan lain-lain. Semua produk-produk tersebut ditampilkan dalam tablet yang ada di mitra Kioson.

Keuntungan yang akan diperoleh mitra dapat langsung melakukan penjualan. Keuntungan hasil penjualan akan mendapatkan komisi. Keunggulan lainnya adalah mempertahankan nilai lokal yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia dalam berbelanja yakni interaksi dan kepercayaan.

Model bisnis yang dinamis dan inovatif memberi keuntungan besar bagi mitra Kioson.

Keunggulan utamanya tempat penyimpanan barang secara virtual yang mungkin tidak dimiliki bisnis lain.

"Sistem Kioson mempertemukan penjual dan pembeli di mitra yakni para pelaku UMKM. Barang-barang yang ditawarkan jauh lebih murah dan selalu update melalui SMS dari proses transaksi, pemesanan, pengiriman hingga sampai ke pembeli," beber Adi.

Sementara Chief Executive Officer PT Kioson Komersial Indonesia, Jasin Halim mengatakan, tren belanja daring semakin hari semakin meningkat, namun sangat disayangkan pertumbuhan tersebut tidak berbanding lurus di kota lapis kedua Indonesia, yang dinilai terjadinya kesenjangan digital.

"Untuk itu, proses edukasi dan jangkauan jaringan Kioson diharapkan dapat menjembatani ketertarikan masyarakat dalam memahami dan mengimplementasi aktivitas belanja daring," ujar Jasin.

Sumber: http://goo.gl/NJNvIy

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar