Selasa, 19 April 2016

5 Curug Favorit Pelancong di Bogor

Bogor memiliki "seribu" curug atau dalam bahasa Indonesia air terjun. Curug menjadi salah andalan wisata Bogor karena memang Kota Hujan ini terletak di kaki Gunung Salak dan Gunung Gede.

Baik hari libur biasa atau libur panjang, tempat-tepat wisata curug di Bogor menjadi destinasi Andalan para pelancong di Bogor. Tak hanya ingin menikmati ademnya air curug, wisatawan juga akan dimanjakan dengan udara segar pegunungan dan nuansa alamnya.

Selain itu, curug-curug di Bogor dengan segala keunikannya masing-masing menjadi lokasi beraktivitas fotografi. Latar belakang air terjun maupun tebing curug menjadi latar belakang yang apik. Tak heran, foto-foto para pelancong di curug-curug di Bogor menghiasi media sosial, misalnya Instagram.

Bagi Anda yang suka wisata dengan nuansa petualangan, berwisata ke curug bisa menjadi pilihan. Curug yang biasanya terletak di daerah pegunungan terkadang sulit diakses. Namun, akses menantang itu justru menjadi hiburan tersendiri.

Berikut ini sajikan 5 curug/air terjun favorit di Bogor;

1. Curug Goa Lumut
Salah satu curug yang banyak dikunjungi wisatawan di Bogor adalah Curug Goa Lumut di kaki Gunung Salak. Curugnya memang tidak terlalu besar tapi air pegunungan yang mengalir sangat alami dan tentu saja sangat jernih. Kejernihan ini memang terjaga mengalir dari hutan Gunung Salak.
Curug memang menjadi salah satu incaran wisatawan apabila ingin menikmati kealamian air. Di Curug Goa Lumut misalnya, ketinggian air terjun membentuk kolam besar di bawahnya. Kolam ini menjadi kolam renang super alami dengan air jernih kehijauan.
Curug Goa Lumut masuk kawasan Taman Wisata Salak Endah. Tepatnya di Desa Gunung Sari, Kawasan Taman Nasional Halimun Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

2. Curug Pangeran
Keindahan wisata alam Bogor salah satunya dapat dilihat dari Curug Pangeran. "Curug" merupakan bahasa Sunda untuk air terjun. Seperti namanya "pangeran" yang berarti sangat gagah atau keren, curug atau air terjun pangeran menyimpan keindahan yang bisa membuat pengunjung terpesona.
Meski tidak terlalu tinggi, sekira 6 meter, namun Curug Pangeran memiliki kolam di bawahnya yang sangat bagus. Kolam Curug Pangeran menampung air sehingga biasa digunakan untuk berenang atau bermain air. Suasana sekitar curug menjadi suguhan.
Curug Pangeran terletak di Desa Gunungsari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dari Kota Bogor sekira 1,5 jam menuju kawasan Wisata Gunung Salak Endah atau Gunung Bunder. Pintu masuk ke Curug Pangeran tidak jauh dari Resort Bernuansa Alam Pedesaan Pondok Rasamala.

3. Curug Putri Pelangi
Curug Putri Pelangi teletak di bawah kaki Gunung Salak. Tak heran, keindahan dan udara segar di Curug Putri Pelangi ini membuat betah para pelancong.
Perjalanan menuju lokasi curug cukup membutuhkan perjuangan. Anda harus melalui tangga-tangga yang mengular ke bawah hingga sampai ke tempat tujuan. Jalan-jalan berupa tangga dibuat sedemikian rupa sehingga menyerupai jalan-jalan ke taman. Beberapa landai dan beberapa lagi cukup curam. Anda tentu harus berhati-hati sebelum melepas lelah di siraman air terjun.
walnya, air terjun ini hanya bernama Curug Putri. Konon, di lokasi ini sesekali terlihat seekor ular berkepala seorang putri melintasi air terjun. Nama lain curug ini yaitu Curug Kuwung-kuwung. Kuwung-kuwungmerupakan bahasa Sunda untuk Pelangi. Nama pelangi kemudian lebih populer hingga menjadi nama "putri pelangi".
Lokasi Curug Putri Pelangi terletak di Desa Palasari, Kecamatan Cijeruk, Bogor, Jawa Barat. Perjalanan ditempuh kurang lebih 45 menit dari Kota Bogor. Perjalanan menuju ke sana melewati jalur Cibeureum hingga menuju Tajur Halang.

4. Curug Nangka
Curug Nangka ada di kawasan kehutanan Gunung Bunder. Kawasan hutan yang alami membawa pengunjung masuk ke dalam suasana alam bebas. Bahkan sebelum sampai ke lokasi, jalan dan pemandangan hutan pinus membuat betah.
Perjalanan ke Jurug Nangka memang tidak mudah, Anda harus fit untuk mendapat suguhan alam sebagai hadiah perjalanan Anda.
Curug Nangka masuk dalam wilayah Desa Warung Loa, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Akses menuju ke sana cukup mudah dengan menggunakan angkutan kota Bogor-Ciapus dari terminal Ramayana Bogor. Curug Nangka tidak jauh dari Kota Bogor serkira 25 kilometer dengan lama tempuh bisa kurang dari 30 menit.

5. Curug Sawer
Curug Sawer menyajikan keindahan pemandangan alam pedesaan. Di Curug Sawer, Anda bisa sepuasnya berenang atau bermain air di kolam bawah air terjun.
"Curug" merupakan bahasa Sunda untuk air terjun. Curug Sawer berarti Air Terjun Sawer. Sedangkan "sawer" sama seperti bahasa Indonesia yaitu "tebar" atau "bagi". Dari kata "curug sawer" itu kita bisa melihat air terjun itu menebar atau menyiramkan air ke bawah.
Curug Sawer terletak di Desa Sukajadi, Kecamatan Taman Sari, Tenjolaya, Bogor, Jawa Barat. Meski tinggi air terjun tidak terlalu tinggi, keistimewaan Curug Sawer yaitu kolam yang terbentuk di bagian bawah. Tempat itu menjadi tempat bermain air yang diminati pengunjung.

Sumber: http://goo.gl/5Xg5MJ

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar