Kamis, 03 Maret 2016

Tiga Makam Keramat Tersembunyi di Kebun Raya Bogor





Selain identik dengan zaman kolonial Belanda, Kebun Raya Bogor juga selalu dikaitkan dengan makam salah seorang pembesar Kerajaan Padjajaran terdahulu. Namun, di balik itu semua ada lagi tiga makam yang juga menjadi perhatian sebagian para peziarah.

Meski berada agak tersembunyi, makam tersebut kerapkali didatangi para peziarah dari Cirebon, Banten, dan beberapa daerah lainnya.

"Biasanya, setiap malam Jumat selalu ada saja yang ziarah. Kebanyakan dari Cirebon, Banten, dan beberapa daerah lain di Pulau Jawa," ucap Dano (35), seorang petugas Kebun Raya Bogor, Rabu (2/3).

Adapun ketiga makam tersebut, tambah Dano, Mbah Rabi’in, Mbah Jaka, dan Mbah Cadog, yang berada di depan Taman Meksiko, Kebun Raya Bogor.

Ketika ditanya lebih dalam, Dano belum berani membeberkan cerita yang ada karena merasa takut salah. Meski demikian, ia pun sangat meyakini bahwa ketiga makam yang tersembunyi ini, menyimpan cerita dan karomah.

"Intinya, ketika ada banyak yang ziarah, sudah pasti makam tersebut bukan sembarang. Setahu saya sih, itu saja. Tidak mau cerita terlalu panjang, takut salah," jelasnya. (Ard)

Sumber: merahputih http://goo.gl/FgJ0gI

Reactions:

1 komentar: