Kamis, 17 Maret 2016

Pipa PDAM di Bogor Tersumbat Sampah, Pasokan Air Terhambat

Pasokan air Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Pakuan Kota Bogor sektor III dan IV Kota Bogor di antaranya kawasan Taman Yasmin dan Taman Cimanggu masih belum normal akibat pipa tersumbat sampah dan endapan lumpur.

“Sudah lebih dari sepekan air mengalir sangat kecil, bahkan pada pagi hari aliran air padam,” kata Evandi, warga perumahan Taman Cimanggu pada SP.

Salah seorang warga Perumahan Yasmin sektor III, Litha, mengeluhkan pasokan air yang tidak teratur sejak hari Jumat. “Tadi pagi air mati sampai siang, ini mengakibatkan aktivitas kami terganggu,” ujarnya.

Ari Sudana, warga perumahan Taman Yasmin juga mengatakan hal senada. “Rabu ini air mengalir, tapi masih kecil,” imbuhnya.

Hingga kemarin, pembersihan sampah di Intake Ciherang Pondok masih terus dilakukan. Humas PDAM Tirta Pakuan Iman Safir mengatakan, pihaknya juga melakukan pengurasan bak pradimentasi. “Kami lakukan pengurasan di bak penampungan Ciherang, karena terdapat endapan lumpur,” kata Iman.

Ke depan untuk mengatasi masalah serupa, PDAM Tirta Pakuan akan membangun sheet pail yang diletakkan sebelum bendungan. ”Bentuknya seperti lempengan baja untuk menahan sampah sebelum masuk ke Intake Ciherang Pondok,” tukasnya.

Dia mengatakan, PDAM akan mengoperasikan Intake Cipaku sembari menunggu sistem penyediaan air minum (SPAM) Katulampa beroperasi. Menurutnya, SPAM Katulampa dapat membantu pengairan di zona IV. ”Diharapkan SPAM bisa rampung akhir 2016, sehingga 2017 awal sudah bisa digunakan” katanya.

Sampai saat ini pihak PDAM sudah mengirim air sebanyak 20 tangki ke sejumlah rumah yang mengalami gangguan. ”Masing-masing tangki berisi 3.000 liter, dan kami mampu mengantar sekitar 10 tangki per hari,” ungkapnya.

Selain mengalami penyumbatan sampah dan lumpur, PDAM juga harus memperbaiki pipa yang bocor. Pjs Dirut PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Deni Surya Senjaya mengatakan, perbaikan pipa dilakukan di Jalan Pemuda dan Jalan Bangka. Menurut Deni, perbaikan kerap terjadi karena kondisi pipa PDAM sudah tua.

Akibat perbaikan ini potensi gangguan dapat terjadi di kawasan Jalan Pemuda, Jalan Dadali, Jalan Ahmad Yani, RS Pasutri, Jalan Merak, Jalan Bangka dan Gang Karet.

Sumber: http://goo.gl/2X8CRZ

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar