Senin, 28 Maret 2016

Pabrik Esemka Bakal Dibangun di Bogor?

Masih ingat dengan mobil Esemka? Ya, mobil karya anak bangsa yang 'membawa' sosok Joko Widodo melejit hingga menjadi orang nomor satu di negeri ini. Ada desas-desus bahwa mobil tersebut rencanannya akan diproduksi secara masal dalam waktu dekat.

Informasi yang dihimpun, sebuah pabrik untuk memproduksi Esemka akan didirikan di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Pabrik tersebut milik PT. Solo Manufaktur Kreasi (SMK) selaku inisiator Esemka yang sekarang dinaungi oleh PT. Adiperkasa Citra Esemka (ACE). Ini akan jadi pabrik kedua PT. SMK setelah yang sudah mulai dibangun di Boyolali.

Saat dikonfirmasi mengenai kabar ini, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPMPTSP), Kabupaten Bogor, Yani Hasan mengaku belum dapat informasi. Sepengetahuannya, belum ada permohonan izin baik atas nama PT. SMK ataupun PT. ACE. “Saya malah baru tahu,” kata Yani Hasan.

Perlu diketahui, ekspansi bisnis PT. SMK saat ini ditopang PT. Adiperkasa Citra Esemka (ACE). Perusahaan tersebut milik anggota tim sukses Jokowi di Pilpres 2014 lalu, AM Hendropriyono. 

Direktur Marketing dan Komunikasi Publik PT. SMK, Sabar Budi akui pun tak mau blak-blakan saat ditanya mengenai isu pembangunan pabrik di Cileungsi. Namun dia tidak menampik bahwa pihaknya punya rencana berproduksi dalam waktu dekat. 

"Kami tidak bisa pastikan, bisa saja (produksi) semester I tahun ini, bisa jadi tahun depan. Karena kan memang semuanya masih dalam proses, semuanya bisa saja meleset," kata Sabar.

Belum lama ini, menyambangi lokasi yang kabarnya bakal dipakai untuk pabrik Esemka di Desa Situsari, Kecamatan Cileungsi. Tak jauh dari simpang tiga Cipeucang, papan nama Esemka terlihat jelas. "Pabrik Esemka belum ada. Baru plang nya saja. Kalau ini pabrik mobil cina," ujar Heri, petugas keamanan gudang penyimpanan mobil tersebut. 

Sementara itu, seperti dilansir di situs resmi PT. ACE, Hendropriyono menyatakan jika mobil yang dibuat dengan berkerjasama dengan PT. SMK ini bukanlah mobil nasional. Menurut mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) itu, kendaraan itu lebih tepatnya disebutkan sebagai mobil yang dibuat di Indonesia.

"Sudah beberapa kali dibilang, itu bukan Mobnas (mobil nasional). Itu salah paham saja. Dikira kita seperti Proton (mobnas) bagi Malaysia. Mobil yang akan kita bangun adalah made in Indonesia, titik," tutur AM Hendropriyono.

Sumber: http://goo.gl/Vv8mA9

Reactions:

1 komentar:

  1. Halo, aku Magret Spencer, pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda dalam utang? Anda perlu dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    BalasHapus