Sabtu, 05 Maret 2016

Nikmatnya soto mi Bogor





Beda kota beda rasa. Begitu juga dengan sajian soto. Karena berasal dari berbagai daerah, setiap soto punya rasa khasnya sendiri. menyebutkan masing-masing daerah di Indonesia mempunyai rasa soto khasnya sendiri. Anda tentu pernah mencicipi aneka hidangan soto Nusantara.

Salah satu soto yang mempunyai rasa nikmat dan khas adalah soto mi.

Soto mi merupakan hidangan khas dari Kota Hujan, Bogor. Sebenarnya di Bogor populer dua jenis soto. Pertama, soto berisi paru, babat, lidah, dan jeroan yang juga berwarna kuning karena direbus dengan kuah berwarna kuning pula. Daging dan jeroan dipotong-potong, ditaruh dalam mangkuk lalu diberi daun seledri, bawang goreng, dan disiram kuah santan berwarna kuning.

Soto lainnya, biasa disebut Soto Mi Bogor, tidak menggunakan santan. Isinya mi, potongan risol, kol, tomat, dan daging sapi yang dipotong-potong kecil.

Soto mi pun memiliki ciri sendiri serta rasa yang berbeda daripada sajian soto lain yang ada. Sebab, ada potongan risol goreng dengan isi sayur dan bihun di dalamnya. Ini yang tidak Anda temukan pada soto lain.

Kuliner khas Bogor tersebut dinamakan soto mi karena menggunakan mi sebagai salah satu bahan utamanya. Jenis mi yang digunakan sebagai isian dalam soto mi Bogor ada dua, yaitu mi kuning dan bihun.

Meski tak memakai santan, rasa gurih kuah soto merupakan hasil perpaduan berbagai bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, serta air kaldu. Rasa kuah juga semakin segar dengan tambahan irisan tomat merah saat hendak disajikan.

Jika Anda berada di Bogor tentu dengan mudah akan menemukan penjaja soto mi. Di Jalan Ir. H. Juanda, ada warung yang terkenal dengan sajian soto mi Bogornya. Warung tersebut menjadi tempat bersantap yang pas terutama usai berwisata ke Kebun Raya Bogor.

Untuk menuju jalan Ir. H. Juanda di kota Bogor dapat melewati berbagai rute. Bila datang dari Jakarta, Anda dapat menumpang kereta ekonomi atau komuter dari Stasiun Jakarta Kota dan turun di Stasiun Bogor. Selanjutnya tinggal berjalan kaki menuju lokasi wisata kuliner selama 10 menit. Akses publik lain yang mudah digunakan adalah bis. Anda cukup turun di Terminal Bogor yang terpisah 15 menit jalan kaki dari lokai tempat berjualan soto mi.

Anda juga bisa mampir ke kawasan Suryakencana. Letaknya persis di depan Kebun Raya Bogor. Anda bahkan bisa menambahkan bakso dalam sajian soto mi.

Sumber: beritagar http://goo.gl/OZoUDn

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar