Kamis, 31 Maret 2016

Dukung Wisata Jabar, Perlu Jalan Tol Bogor-Pelabuhan Ratu

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Sekretariat Daerah Jawa Barat, Deny Juanda Puradimaja mengatakan, pemerintah provinsi tengah menyiapkan usulan untuk membuat jalan tol Bogor-Pelabuhan ratu pada pemerintah pusat.

“Itu inisiatif provinsi seperti usulan jalan tol Cileunyi-Tasikmalaya,” ujarnya.

Deny mengatakan, jalan tol itu dibutuhkan untuk menunjang Pelabuhan ratu di Sukabumi yang dirancang menjadi satu dari tiga pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah selatan Jawa Barat. Ada tiga pusat pertumbuhan ekonomi yang dipersiapkan di selatan Jawa Barat yakni Pangandaran, Rancabuaya, serta Pelabuhan ratu. “Di Pelabuhan ratu juga ada Ciletuh, Geopark nasional. Akses kesana sangatlah lama bisa delapan sampai sembilan jam,” kata dia.

Menurut Deny, jalan tol Bogor-Pelabuhan ratu itu akan dirancang agar bisa ditempuh dalam satu jam. “Di dunia ada istilah ‘60 minutes distance’, maksudnya orang hanya bisa sabar dalam 60 menit. Sekarang istilah jarak itu tidak lagi pakai jarak tapi waktu. Kalau istilah pelancong, saya bisa sabar kalau 60 menit, kalau gak nyampe kesana dalam waktu itu gak cocok,” kata dia.

Deny mengatakan, jalan tol Bogor-Pelabuhan ratu dengan panjang sekitar 80 kilometer itu akan dirancang tersambung dengan jalan tol Bocimi atau Bogor-Ciawi-Sukabumi yang saat ini tengah dibangun. ”Bocimi itu dari Bogor langsung ke Ciawi-Sukabumi, lalu yang ini ke Pelabuhan ratu,” kata dia.

Tahun ini pemerintah provinsi Jawa Barat akan menyiapkan studi jalan tol Bogor-Pelabuhan ratu. Studi itu yang akan dibawa sebagai bekal mengusulkan rencana itu pada pemerintah pusat. “Tahun ini studi, dan setelah itu kita komunikasikan dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,” kata dia.

Menurut Deny, usul jalan tol Bogor-Pelabuhan ratu itu bukan rencana baru. Studi awal jalan tol itu sudah ada sejak lama. “Studi awalnya sudah ada, namanya dulu Jagoratu, Jakarta-Bogor-Pelabuhan ratu. Ide itu yang dihidupkan lagi,”kata dia.

Deny mengatakan, pengembangan pusat ekonomi Pelabuhan ratu juga dilakukan dengan menyiapkan akses udara dengan membangun bandara di Citarate, Sukabumi. “Citarate tahun ini sudah mulai pembebasan lahan. Paling tidak beli semester persegi guyonannya, karena desain sudah ada, studi awal sudah ada. Konstruksinya akan patungan,” kata dia.

Sumber: http://goo.gl/o7ZlUs

Reactions:

1 komentar:

  1. Apakah Anda membutuhkan pinjaman cepat untuk melunasi utang Anda, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Cari lebih karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Kami memberikan pinjaman kepada individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan yang sangat handal, penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via e-mail di: emamllualoanfirm@gmail.com

    BalasHapus