Rabu, 09 Maret 2016

Butuh Rp100 Miliar untuk Pembebasan Waduk di Kabupaten Bogor

Rencana Pembangunan Waduk Ciawi-Sukamahi masih terus dicanangkan. Salah satunya, penyerahan bukti kepemilikan lahan yang nanti bakal terkena dampak proyek tersebut.

Untuk proses pembangunan dua waduk sendiri sudah ada anggaraanya. Bahkan perihal pembebasan lahan, masih menunggu penetapan lokasi yang nanti ditentukan oleh Gubernur Jawa Barat.

Kepala Bidang Pelaksanaan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisaden Bastari mengatakan, untuk jumlah biaya proses pembangunan dua waduk sudah di anggarkan. Tinggal menunggu masalah amdal dan proses lelang kontrak nantinya.

“Untuk anggaran pembangunan dua waduk totalnya 80 milyar, termasuk jalan masuk juga. Tinggal menunggu proses sekaligus lelang kontraknya,”ujarnya.

Ia juga menambahkan, alokasi buat pembebasan pun sudah ada. Tinggal penetapan lokasi yang masih menunggu keputusan dari Gubernur Jawa Barat nanti. Tinggal sekarang, pengumpulan data terlebih dahulu sekaligus memetakan wilayah.

“Alokasi 100 milyar untuk pembebasan lahan buat dua waduk tapi tergantung penetapan lokasi dulu. Karena kami juga harus menunggu keputusan Gubernur Jabar, dan jika sudah ada kedepannya gampang tinggal dibayarkan lahan yang dibebaskan,”tambahnya

Sementara itu, Kepala Desa Sukamahi, Encep Subandi mengatakan, untuk diwilayahnya terdapat 170 KK dengan luas lahan mencapai 8 hektar sudah berhasil dikumpulkan.

“Tinggal 4 hektar dari 5 pemilik yang belum mengumpulkan dokumen, karena pemilik bukan warga Desa Sukamahi, ada sebagian warga luar bogor. Tapi memang kebanyakan lahan rumpun bambu yang terkena dampaknya,”pungkasnya.

Sumber: http://goo.gl/EkNSIf

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar