Rabu, 16 Maret 2016

4 pilihan tempat wisata alam di seputar Bogor

Bogor yang dikenal sebagai Kota Hujan, alamnya memang selalu sejuk. Selama ini tujuan wisata yang paling dikenal di kota ini adalah Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor. Dua destinasi wisata ini memang menyajikan keindahan alam yang akan membuat Anda merasa rileks.

Padahal, di Bogor ada beragam lokasi wisata yang indah dan mengasyikkan. Ada berbagai tempat wisata alam di Bogor yang bisa dikunjungi tanpa menguras kocek terlampau dalam. Berikut ini pilihannya:

1. Gunung Pancar
Dearah wisata yang terkenal dengan hutan pinusnya ini terletak di Desa Karang Tengah Kabupaten Bogor. Lokasi wisata Gunung Pancar mudah ditemukan karena bersebelahan dengan Sentul City.
Detik melansir, Anda tidak hanya bisa menikmati teduhnya hutan pinus, di sini Anda juga bisa merasakan mandi air panas, hingga bersepeda naik-turun gunung.

2. Danau Situ Gede
Situ Gede adalah nama sebuah danau kecil (situ atau setu dalam bahasa Sunda berarti telaga) yang terletak di Kelurahan Situgede, Bogor Barat. Situ Gede luasnya sekitar 6 hektare.
Anda dapat berjalan-jalan di sekitar situ di sela-sela pepohonan rimbun. Jika hobi memancing, Anda juga bisa mengail ikan di Situ Gede. dengan menyewa perahu atau cukup memancing di tepi situ.
Tempat wisata di Bogor ini masuk ke kawasan hutan yang digunakan sebagai hutan penelitian oleh Badan Peneliti dan Pengembangan Kehutanan.
Badan ini masuk sebagai bagian dari Departemen Kehutanan. Maka di sekitar danau juga terdapat Center for International Foresty Research (CIFOR), dan lembaga penelitian lain.
Menikmati keindahan di danau Situ Gede membuat para pengunjung merasa rileks dan nyaman.

3. Gua Gudawang
Anda juga bisa mengunjungi salah satu tempat wisata unik sambil melihat stalaktit dan stalagmit di Bogor. Namanya Gua Gudawang, yang berada di ujung Bogor sebelah barat.
Gua yang berada di kawasan Kota Jasinga, Desa Argapura, Cigudeg, Kabupaten Bogor ini memiliki kedalaman lebih dari 300 meter. Di dalamnya ada segudang eksotisme alam yang tidak ada duanya.
Menurut kepercayaan warga sekitar, nama Gudawang berasal dari kata Kuda Lawang, yang artinya buntut ekor kuda yang dikepang. Viva melansir, konon, gua alami yang terbentuk dari proses sedimentasi ini kerap didatangi sejumlah pendekar dari tanah Pasundan.

4. Taman Nasional Hutan Pangrango
Taman Nasional Hutan Pangrango adalah satu dari sekian banyak taman nasional di Provinsi Jawa Barat. Di sini Anda bisa menemui beragam jenis flora dan fauna unik.
Taman dengan luas 21. 975 hektare ini dibuatnya untuk menjaga konservasi flora khas pegunungan. Usia taman nasional ini salah satu yang paling tua, yaitu diresmikan sejak 1980.
Wilayah taman nasional ini berada di dua puncak yaitu puncak Gunung Gede dan puncak Gunung Pangrango, mencangkup juga tutupan hutan pegunungan di sekitar dua puncak gunung tersebut.
Ragam flora atau tumbuhan yang bisa Anda temukan di hutan nasional ini sangat bervariasi.
Melansir situs Departemen Kehutanan, paling banyak adalah flora khas hutan pegunungan. Ada sekitar 200 spesies anggrek di tempat ini. Selain itu ada pula lebih dari 150 jenis paku-pakuan. Dan yang menakjubkan, ada lebih dari 870 spesies tumbuhan bunga bisa Anda jumpai di sini.
Edelweis Jawa (Anaphalis javanica) menjadi maskot yang populer di kalangan para pencinta alam dan para pendaki gunung.
Sementara itu, ada pula jenis hewan yang terancam punah di kawasan taman nasional ini, misalnya Anjing Ajag (Cuon alpinus), Lutung Surili (Presbytis comata), Owa Jawa (Hylobates moloch), Macan Tutul (Panthera pardus).

Sumber: http://goo.gl/M4X94F

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar