Selasa, 23 Februari 2016

Bima Arya Imbau Kepala Dinas Bawa Tempat Minum Sendiri




Pemerintah Kota Bogor bersama pengusaha ritel modern serta komunitas peduli lingkungan mengampanyekan pengurangan penggunaan kantong plastik. Kegiatan yang bertepatan dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2016 ini sekaligus dimulainya uji coba kantong plastik berbayar di ritel modern.

"Kampanye atau gerakan ini harus menjadi satu gerakan massal yang masif," kata Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto di sela kampanye pengurangan kantong plastik di salah satu ritel modern, di Jalan Pahlawan, Kota Bogor, Minggu (21/02/16).

Bima juga mengajak semua kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bogor, para komunitas dan warga Kota Bogor bersama-sama mengurangi penggunaan kantong plastik dengan cara membawa kantong dari rumah. Hal tersebut dilakukan bentuk komitmen dalam pengurangan penggunaan kantong plastik.

"Saya imbau kepada kepala SKPD untuk membawa tempat minum sendiri dari rumah masing-masing. Jadi saat rapat atau pertemuan tidak ada lagi botol atau gelas plastik berserakan di ruangan," tambahnya.

Selain di ritel modern dan lingkungan pemerintahan, untuk aksi nyata mendukung kampanye tersebut juga akan dilakukan di pasar, toko bahkan rumah-rumah warga di Kota Bogor. "Memang agak sulit, tapi saya akan mendorong aparatur di wilayah dan PKK setempat untuk terus mengkampanyekan dan mensosialisasikan kepada masyarakat agar membawa kantong dari rumah saat berbelanja," jelasnya.

Saat ini, Kota Bogor sendiri menghasilkan sebanyak 530 ton sampah perharinya. Lebih dari 10 persen sampah tersebut merupakan sampah plastik.

"Dengan adanya kantong plastik berbayar sebesar Rp 200, diharapkan bisa mengurangi sampah plastik yang menumpwuk di Kota Bogor," ungkapnya.

Sementara itu, Jamalludin Branch Manager Alfamart Kota Bogor mendukung terhadap kebijakan yang memberlakukan kantong plastik berbayar. "Hari ini, di tempat kami sudah menguji coba plastik berbayar. Satu lembar kantong plastik dikenai biaya Rp 200," terangnya.

Selain mengikuti menerapkan kebijakan tersebut, pihaknya juga mengampanyekan pengurangan penggunaan kantong plastik kepada para konsumen yang datang.

"Bentuk kampanye berupa imbauan untuk membawa kantong dari rumah juga kita lakukan terhadap oara konsumen yang berbelanja di tempat kami," tutupnya.

Sumber: okezone http://goo.gl/AeQVCG

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar